Selasa, 06 November 2012

RUJAK BALI ‘BU RANTE’ – SINDHU BEACH, SANUR



               Asiknya tinggal di Bali adalah, kita bisa makan apapun yang kita suka bukan cuma di restoran atau warung, tapi bisa juga di…PANTAI!!!!!!!!!! Saya dan Bart penggemar berat Rujak, apalagi Rujak Bali, seperti saya pernah ulas sebelumnya, rujak Bali itu punya rasa kuah yang khas, beda dengan rujak yang biasa kita makan di Jawa. Dan kita nggak pernah berhenti berburu Rujak Bali di tiap-tiap daerah yang kita kunjungi.
Kali ini, Sanur, tempat wisata favorit sebagian besar turis Eropa, terutama Jerman, Belanda, above 40′ gitu dech..:), jadi tempat ini memang relatif jauh lebih tenang dari hiruk pikuknya Kuta, misalnya atau Seminyak. Di sepanjang garis pantai daerah ini banyak sekali pantai dengan nama-nama yang berbeda sesuai dengan nama desanya, ada Pantai Matahari Terbit, Pantai Segara, Pantai Semawang, Pantai Mertasari (‘venue’ utama Sanur Village Festival’09 baru-baru ini, seru!), juga Pantai Sindhu.
Nah..di Pantai Sindhu inilah, saya nemu tukang Rujak Bali, namanya Bu Rante (e pepet ya bukan e taling), yang menyajikan racikan kuah rujaknya istimewa, karena berbeda dengan kuah rujak gula pada umumnya, ini sambel cabe merahnya rada kering, pedesnya baru kerasa beberapa saat setelah kelar makan (waduh ini yang gawat). Terasinya kerasa banget. Cara meraciknya juga sedikit berbeda : Sambelnya nggak diulek di depan kita, tapi udah jadi, tinggal ditaruh di atas buahnya (saya saranin pilih mangga aja, jangan buah campur, lebih asik rasa buah asem+pedesnya) dan gula merahnya juga udah jadi, tinggal campur aja. Jadi bisa disajikan cepat, nggak pake nunggu penjualnya ngulek dulu. Harganya biasa aja, sekitar 3000-an. TOP!
Rujak Mangga Bu Rante


 Sambil nunggu rujaknya jadi, ada penjual jagung bakar (kalo yang ini rata-rata pejualnya asli Jawa) di depan kios Bu Rante, bisa tuh iseng-iseng ‘digrawut’. Juga kalau Anda datang bersama keluarga, ada permainan ‘watersport’ disini yaitu perahu kano, ada penyewaan ban berenang buat anak-anak juga.
Jagung di sanur
Memang banyak penjual Rujak Bali di pantai ini, tapi Warung Bu Rante adalah kios pertama menghadap pantai, begitu masuk areal pantainya, dengan terpal plastik biru,dengan ciri khas memakai jaket (punya suaminya) dan topi (suaminya juga kali), dan pelayanan yang ramah, ‘funky’, senang ngobrol, nggak jutek, membuat saya paling betah mampir ke kiosnya kalo lagi main ke Sindhu Beach.
Bee & Bu Rante Rujak
Sambil menikmati indahnya Sindhu Beach, saya ngos-ngosan kepedesan..
Pantai Sanur dpn Rujak Bu Rante
RUJAK BALI ‘BU RANTE’
Pantai Sindhu, Sanur Dari Jl. By Pass Sanur,
belok kanan di perempatan McD Masuk Jl. Danau Tamblingan
Belok kiri setelah kira-kira 150 m di Jl.Pantai Sindhu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar