Selasa, 06 November 2012

SATE IKAN TENGGIRI – PASAR SUKAWATI




         Buat yang suka belanja kerajinan dan oleh-oleh Bali yang murah meriah, jangan melengos pulang aja kelar belanja. Makan dulu dong di Sate Tenggiri Pak Komang di depan Pasar Sukawati (yang pertama ya), sebelah warung Bu Agung, seberangnya penjual baso & nasi goreng jawa yang juga enak itu. Posisi jualannya ‘mojok’, berteduh di bawah payung fantasinya yang mulai dedel doel…:p


Kalo biasanya sate ikan khas Bali dari ikan tuna, satenya Pak Komang yang asli Nusa Penida ini pake ikan tenggiri, jadi gurih, nggak amis, dan kuah bawang kunyitnya yang berbumbu rahasia itu (katanya), waduh..endang gulindang deh..



Adonan sate tenggiri





Satu porsi harganya cuma 7000 perak, tusuk satenya pake pelepah kelapa, bukan pake lidi kaya sate ayam. Makannya bisa pake Tipat (ketupat) atau Nasi Tela (nasi campur ketela rebus dicacah kecil-kecil),hmmm…dua-duanya enak, jadi saya suruh teman saya makan pake tipat, saya pake nasi tela, biar bisa nyicip tipatnya yang ngukusnya juga pas banget, nggak kelembekan,nggak kekerasan.

Pak Komang dan Istri - Sate Ikan Tenggiri

Kalo mau makan sate TER-favorit saya di Bali ini, datangnya jangan sore-sore, ntar habis, juga jangan kepagian. Pak Komang dan istrinya dari Banyuwangi yang manis-manis sehat itu mulai jualan jam 12 siang, sampe habis (kira-kira jam 4-an).

Pedagang-pedagang souvenir Pasar Sukawatipun suka “lunch” ya di sate ini, jadi nggak ada istilah harga turis, semua sama. Kalo menjelang dan sesudah hari raya Galungan, Kuningan, Nyepi, sering dia tutup agak lama, karena Pak Komang kan perlu pulang kampung juga..Telpon dulu Pak Komangnya sebelum Anda kesana, tanya apakah hari itu dia jualan atau tidak. Bilang aja kalian baca blog kulinernya Gaby & Benny..hehe KKN ya..

Bakar sate

Eitt..lupa, jangan lupa BUNGKUS satenya kalo pulang (biasanya saya pasti bungkus minimal 50 tusuk buat di taruh di freezer kulkas), dijamin pasti pengen lagi malemnya, jadi buat makan malam tinggal panasin aja…nyam..nyam..

Update nih : Sate Tenggiri Pak Komang sekarang pindah posisi di balik tembok tempat dia ‘mojok’ dulu, sekarang malah lebih enak, tempat duduknya lebih luas, di bawah pohon rindang, ada yg jualan es kelapa muda,segerrr…Tempat baru yg merupakan halaman rumah orang (yang punya lahan pasti) ini juga dilengkapi dengan fasilitas toilet dan tempat sholat segala loh! Bener-bener mengakomodir kebutuhan tamu-tamu domestik yang muslim.

Es kelapa muda

Sate Tenggiri Sukawati juga menerima pesanan untuk acara : pernikahan, pesta, dll.

Sate Ikan Tenggiri, Sukawati

SATE IKAN TENGGIRI PAK KOMANG
Depan Pasar Sukawati (lama)
Sebelah Warung Bu Agung
Depannya ada tukang jualan baso dan nasi goreng
HP. Pak Komang 081 2464 5195

Tidak ada komentar:

Posting Komentar